Kedatangan Spanyol dan Portugis di Amerika Selatan/Latin

gambar ini hanya ilustrasi

Berbeda dengan kedatangan Amerika dan Prancis di Amerika Utara. Kedatangan Spanyol dan Portugis di Amerika Selatan/Latin lebih didorong oleh keinginan untuk melakukan penjajahan dan pengeksplotasian terhadap sumber daya alam di wilayah jajahan (Amerika Latin).

Kawasan Amerika latin dikembangkan/diselidiki oleh kaum petualang. Kaum petualang ini dalam melakukan ekspedisinya dengan biaya dari negara mereka asal (Spanyol dan Portugis), maka kawasan yang ditemukan berusaha untuk ditaklukkan dan dikuasai. Wilayah yang dikuasai tersebut dibentuk dalam sebuah koloni. Nampaknya ada persamaan antara Inggris dengan Spanyol serta Portugis. Motif ekonomi mengambil peran di belakang terjadinya migrasi. Inggris untuk mengatasi pengangguran, walau yang mendominasinya adalah penindasan keagamaan terhadap kaum Puritans. Sementara Spanyol dan Portugis membutuhkan bahan baku untuk produksi dan djual di pasaran Eropa.

Proses penaklukan terhadap penduduk Pribumi Amerika Selatan dilakukan dengan perang. Misalnya: seperti kawasan Meksiko yang di taklukan oleh Spanyol pada 13 Agustus 1521 dalam sebuah pengepungan, setelah takluk wilayah ini disebut dengan Neuva Espana (Spanyol Baru).

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi kedatangan Spanyol untuk melakukan kolonisasi dalam bentuk penjajahan di Amerika Selatan/Latin.

  1. pengeksplotasian kekayaan yang ada
  2. memperkuat perdagangan
  3. mencari tenaga kerja murah
  4. political Image, rasial, dan kebudayaan.
About these ads

Satu pemikiran pada “Kedatangan Spanyol dan Portugis di Amerika Selatan/Latin

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s