NFC (Near Field Communications)

NFC merupakan penggabungan konsep dompet dan ponsel. Dengan teknologi ini, pembeli cukup menggunakan ponselnya untuk membayar barang-barang yang di belinya saat ia berbelanja.

Pada ponsel smartphone, teknologi ini juga digunakan untuk mempermudah transfer data. User dapat dengan mudah membagi gambar, foto, dan video ke perangkat yang mendukung. Tidak perlu mengaktifkan bluetooth dan cukup dengan menempelkan ponsel.

NFC merupakan pengembangan dari teknologi Radio Frequency Identification (RFID) yang digunakan ke dalam perangkat mobile seperti ponsel untuk berbagai keperluan. Teknologi ini menawarkan tingkat kenyaman dan keamanan yang tinggi. gerakan atau sentuhan sederhana dapat memungkinkan berbagai perangkat seperti tablet, notebook, pc, smarphone dan perangkat yang berbasis komputer lainnya. NFC juga dapat digunakan untuk mentransfer kontrol dar satu perangkat ke perankat lannya, seperti panggilan video dari table ke perangkat lain yang sudah mendukung NFC.

NFC bekerja dengan menggunakan koneksi jarak dekat yang memungkinkan interaksi dua arah antar perangkat elektronik yang lebih aman dan simple, NFC juga memungkinkan penggunananya untuk melakukan transaksi secara contactless, mengakses konten digital dan melakukan koneksi dengan perangkat eketronik dengan satu sentuhan.

NFC berkomunikasi dengan menggunakan induksi medan magnet, dimana dua perangkat terletak dalam area yang berdekatan yang secara efektif membentuk sebuah transformotor dengan inti udara. Komunikasi antar dua perangkat yang mendukung teknologi NFC ketika perangkat tersebut berda dalam jarak kurang dari 20 cm atau lebih dekat lagi satu sama lainnya. NFC bekerja pada frekuensi 13.56 MHz yang berlisensi ISM band.

NFC merupakan teknologi yang dapat menulis dan membaca data yang dilakukan dalam koneksi. Kecepatan transfer data yang dapat dilakukan menggunakan NFC beragam, anatara lain 106 Kbps, 212 Kbps dan 424 Kbps. Keunikan dari NFC ini terletak pada kemampuan untuk mengubah mode operasi menjadi reader/writer, peer to peer, atau card emulation. Mode operasi yang berbeda tersebut berdasar pada ISO/EIC 18092 dan ISO/EIC 14443 conta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s