PERANG DUNIA II

  1. Perang Dunia II

Perang Dunia II merupakan perang terbesar yang pernah terjadi dimuka bumi. Perang yang menewaskan lebih dari 62 juta nyawa manusia di seluruh dunia, perang ini pula yang pertama kali menggunakan bom atom dan meluluhlantakan dua kota utama Jepang yaitu Hiroshima dan Nagasaki. Tanpa hancurnya dua kota itu, Perang Pasifik (nama lain perang dunia II) yang diawali dengan invasi Jerman atas Polandia yang kemudian mendorong satu persatu negara yang berafiliasi dengan nama sekutu menyatakan ikut berperang. Jepang takkan menyerah kalah, dan Indonesia mungkin belum merdeka.

Perang dunia II ini masih menyisakan dampaknya hingga sekarang. Baik sisa logistiknya, maupun pembagian dunia menjadi dua kutub yang kemudian dikenal dengan perang dingin. Perang ini dimulai pada 1 September 1939 dan berakhir pada 2 September 1945.

 

  1. Penyebab Perang Dunia II

Perang dunia dipicu oleh beberapa penyebab, yaitu:

  1. Tekanan terhadap negara yang kalah dalam Perang Dunia II.

Negara yang kalah dalam perang dunia II berada dalam tekanan yang besar untuk melakukan ganti rugi atas kerugian yang dialami oleh pihak yang menang. Misalnya: Jerman yang kalah perang dalam PD I mengalami tekanan yang besar terhadap rakyatnya, sehingga lembur yang berlebihan dan tidak sepadan dengan bayaran. Hal ini dilakukan untuk memperbesar volume ekspor. Kondisi yang penuh putus asa ini, muncul Hitler yang datang sebagai “mesias” ibarat tetasan air dipadang pasir. Kepemimpinan Hitler ini mendapat dukungan dari rakyat, paham Nazi yang dibawanya mendapat pengikut yang cepat. Bangsa Jerman berkeyakinan mereka sebagai ras terbaik (Arya), mempunyai kehormatan untuk memimpin ras lain. Hal yang sama juga terjadi dengan Jepang di Asia.

  1. Terbentuknya Persekutuan Blok Negara

Berkembangnya paham-paham di bidang politik setelah perang dunia I mendorong Negara-negara di dunia membentuk persekutuan menurut paham ideologi yang dianut oleh masing-masing Negara. Masing-Masing blok kemudian bertentangan dan berusaha saling melenyapkan paham yang dianggapnya tidak sesuai dan membahayakan. Ketika itu negara yang berperang terbagi atas negara sekutu dan negara poros.

Negara sekutu terdiri: Inggris, Amerika Serikat, Rusia, Prancis, Belanda, RRC. Negara poros terdiri RoBerTo (Roma, Berlin, dan Tokyo) atau Itali, Jerman, dan Jepang. Selain mereka, ada Hungaria, Finlandia, Rumania.

  1. Perampasan Sumber Daya

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan suatu negara, sumber daya ini penting untuk dapat bertahan dalam sengitnya perkembangan dunia. Karena alasan itulah, Jepang ketika melakukan invasi ditunjukan ke negara penghasil sumber daya, misalnya: minyak (Indonesia). Hal ini penting untuk memenuhi logistik mereka. Dewasa ini, motivasi ini juga nampak pada Perang Irak.

 

  1. Proses Perang Dunia II

Perang Dunia II mulai berkecamuk di Eropa dengan dimulainya serangan ke Polandia pada 1 September 1939 yang dilakukan oleh Hitler dengan gerak cepat yang dikenal dengan taktik Blitzkrieg, dengan memanfaatkan musim panas yang menyebabkan perbatasan sungai dan rawa-rawa di wilayah Polandia kering yang memudahkan gerak laju pasukan lapis baja Jerman serta mengerahkan ratusan pembom tukik yang terkenal Ju-87 Stuka. Polandia yang sebelumnya pernah menahan Uni Soviet di tahun 1920-an saat itu tidak memiliki kekuatan militer yang berarti. Kekurangan pasukan lapis baja, kekurang siapan pasukan garis belakang dan koordinasinya dan lemahnya Angkatan Udara Polandia menyebabkan Polandia sukar memberi perlawanan meskipun masih memiliki 100 pesawat tempur namun jumlah itu tidak berarti melawan Angkatan Udara Jerman “Luftwaffe“. Perancis dan kerajaan Inggris menyatakan perang terhadap Jerman pada 3 September sebagai komitment mereka terhadap Polandia pada pakta pertahanan Maret 1939.

Setelah mengalami kehancuran disana sini oleh pasukan Nazi, tiba tiba Polandia dikejutkan oleh serangan Uni Soviet pada 17 September dari timur yang akhirnya bertemu dengan Pasukan Jerman dan mengadakan garis demarkasi sesuai persetujuan antara Menteri Luar Negeri keduanya, RibentropMolotov. Akhirnya Polandia menyerah kepada Nazi Jerman setelah kota Warsawa dihancurkan, sementara sisa sisa pemimpin Polandia melarikan diri di antaranya ke Rumania. Sementara yang lain ditahan baik oleh Uni Soviet maupun Nazi. Tentara Polandia terakhir dikalahkan pada 6 Oktober.

Jatuhnya Polandia dan terlambatnya pasukan sekutu yang saat itu dimotori oleh Inggris dan Perancis yang saat itu dibawah komando Jenderal Gamelin dari Perancis membuat Sekutu akhirnya menyatakan perang terhadap Jerman. Namun juga menyebabkan jatuhnya kabinet Neville Chamberlain di Inggris yang digantikan oleh Winston Churchill. Ketika Hitler menyatakan perang terhadap Uni Soviet, Uni Soviet akhirnya membebaskan tawanan perang Polandia dan mempersenjatainya untuk melawan Jerman. Invasi ke Polandia ini juga mengawali praktik-praktik kejam Pasukan SS dibawah Heinrich Himmler terhadap orang orang Yahudi.

Perang Musim Dingin dimulai dengan invasi Finlandia oleh Uni Soviet30 November 1939. Pada awalnya Finlandia mampu menahan pasukan Uni Soviet meskipun pasukan Soviet memiliki jumlah besar serta dukungan dari armada udara dan lapis baja, karena Soviet banyak kehilangan jendral-jendral yang cakap akibat pembersihan yang dilakukan oleh Stalin pada saat memegang tampuk kekuasaan menggantikan Lenin. Finlandia memberikan perlawanan yang gigih yang dipimpin oleh Baron Carl Gustav von Mannerheim serta rakyat Finlandia yang tidak ingin dijajah. Bantuan senjata mengalir dari negara Barat terutama dari tetangganya Swedia yang memilih netral dalam peperangan itu. Pasukan Finlandia memanfaatkan musim dingin yang beku namun dapat bergerak lincah meskipun kekuatannya sedikit (kurang lebih 300.000 pasukan). Akhirnya Soviet mengerahkan serangan besar besaran dengan 3.000.000 tentara menyerbu Finlandia dan berhasil merebut kota-kota dan beberapa wilayah Finlandia. Sehingga memaksa Carl Gustav untuk mengadakan perjanjian perdamaian.

Ketika Hitler menyerang Rusia (Uni Soviet), Hitler juga memanfaatkan pejuang-pejuang Finlandia untuk melakukan serangan ke kota St. Petersburg.

Perisitiwa serangan Jerman atas Polandia dijadikan alasan oleh Inggris dan Prancis untuk menyatakan perang terhadap Jerman. Dua tahun sebelumnya, di Asia, Jepang telah menggempur Cina. Rusia yang menaruh dendam atas Jepang segera membantu Cina. Jerman yang telah mengadakan perjanjian untuk tidak saling menyerang dengan Rusia, terpaksa membantu Jepang berperang melawan Rusia. Jepang yang dendam atas sekutu pada tanggal 8 Desember 1941 menyerang pangkalan perang Amerika Serikat di Pearl Harbor.

Seluruh daratan Eropa dan Asia merupakan medan pertempuran antara blok AS dengan Jerman dan kawan-kawan. Perang dunia kali ini berlangsung sangat dahsyat karena masing-masing negara yang terlibat menggunakan senjata modern. Amerika Serikat yang sudah mulai terlibat perang karena pangkalan militernya Pearl Harbour diserbu Jepang segera memihak sekutu menggempur Jerman dan Jepang.

Pada 7 Desember 1941, pesawat Jepang dikomandoi oleh Laksamana Madya Chuichi Nagumo melaksanakan serangan udara kejutan terhadap Pearl Harbor, pangkalan angkatan laut AS terbesar di Pasifik. Pasukan Jepang menghadapi perlawanan kecil dan menghancurkan pelabuhan tersebut. AS dengan segera mengumumkan perang terhadap Jepang.

Bersamaan dengan serangan terhadap Pearl Harbor, Jepang juga menyerang pangkalan udara AS di Filipina. Setelah serangan ini, Jepang menginvasi Filipina dan koloni-koloni Inggris di Hong KongMalayaBorneo dan Birma dengan maksud selanjutnya menguasailadang minyak Hindia Belanda. Seluruh wilayah ini dan daerah yang lebih luas lagi, jatuh ke tangan Jepang dalam waktu beberapa bulan saja. Markas Britania Raya di Singapura juga dikuasai, yang dianggap oleh Churchill sebagai salah satu kekalahan dan sejarah yang paling memalukan bagi Britania.

Di Asia, Jepang sangat merajarela dan berhasil menguasai beberapa Negara di asia dan di Asia Tenggara. Perperangan di asia itu disebut Perang Asia Timur raya. Pada tanggal 8 Desember 1941 Jepang telah menduduki pangkalan militer Amerika Serikat di Samudra Pasifik. Kemudian menduduki Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Birma. Merajarelanya Jepang menimbulkan kekhawatiran pihak sekutu (Amerika Serikat), karena itu Amerika segera mengambil tindakan untuk Menggempur Jepang. Jepang akhirnya menyerah kepada sekutu setelah kota Hirosima dan Nagasaki dijatuhi bom atom pada bulan agustus 1945. Sejak itu, berkhirlah perang dunia II yang banyak menelan korbaa harta dan jiwa yang mengenaskan. Walaupun Jepang telah menyerah pada 14 Agustus 1945, namun secara resmi Jepang menyerah setelah Jepang menandatangani dokumen Japanese Instrument of Surrender di atas kapal USS Missouri pada tanggal 2 September 1945, 6 tahun setelah perang dimulai.

 

  1. D.      Dampak Perang Dunia II

Pengaruh atau akibat dari perang dunia II dapat dirasakan di berbagai bidang penghidupan adalah sebagai berikut:

  1. Berdirinya perserikatan bangsa-bangsa (PBB)

Presiden Amerika Serikat, Franklin Delano Roosevelt dan perdana menteri Inggris, Winston Churchil merasa prihatin menyaksikan rakyat dunia hidup menderita akibbat perang dunia II. Keduanya sepakat mengadakan pertemuan untuk membahas akibat perang dan usaha-usaha menegakan perdamaian dunia.pada perang dunia II baru berkobar, kedua pemimpin Negara itu mengadakan perundingan di atas kapal penjelajah Amerika Serikat, Augusta. Perundingan itu menghasilkan piagam atlantik (atlantic chater).

Piagam Atlantik itu mendapat sambutan dari negara-negara yang terlibat perang dunia II. Mereka umumnya menyetujui piagam atlantik dijadikan dasar pembentukan badan perdamaian dunia menggantikan LBB yang dianggap lemah. Pembentukan badan perdamaian dunia yang kemudian bernama PBB ini sebelumnya melalui beberapa perundingan oleh Negara-negara sekutu.

Markas besar PBB kemudian dibangun di Lake Success, New York Amerika Serikat. Daerah itu sampai sekarang bebas dari kekuasaan Amerika Serikat dengan tata hukum dan keamanan tersendiri. Sejak tahun 1952 sidang-sidang PBB sampai sekarang diadakan di markas besar tersebut.

  1. Pergerakan kemerdekaan bangsa-bangsa di Asia, Afrika, dan Indonesia.

Kebangkitan bangsa-bangsa di Asia dan Afrika. Perjuangan pergerakan nasional bangsa Asia-Afrika itu dalam perkembangannya membuahkan hasil berupa kemerdekaan bagi bangsa-bangsa terjajah pada pertengahanan abad ke-20.  Secara umum perjuangan pergerakan kemerdekaan bangsa-bangsa di asia dan afrika itu adalah sebagai berikut:

  1. Pergerakan kemerdekaan di asia

1)      Pergerakan kemerdekaan di Birma.

2)      Pergerakan kemerdekaan Indo-cina.

3)      Pergerakan kemerdekaan Filipina.

  1. Pergerakan kebangsaan di timur tengah
  2. Pergerakan kemerdekaan di afrika

1)      Pergerakan kemerdekaan Mesir.

2)      Pergerakan kemerdekaan di Afrika Utara.

3)      Pergerakan kemerdekaan di Afrika Tengah.

  1. Perang Dingin

Setelah perang dunia berakhir, Amerika Serikat dan Uni Soviet tampil sebagai negara pemenang. Dua negara adidaya ini kemudian saling berebut pengaruh di dunia melalui ideologi Liberal dan Sosial-Komunis. Perlombaan Senjata juga mewarnai fase ini.

  1. Pecahnya Sebuah Negara

Vietnam, Jerman, dan Korea merupakan negara yang terbagi setelah perang dunia berakhir.

  1. Berdirinya 2 blok dunia yang terkenal dengan NATO dan Pakta Warsawa.
    1. Dalam bidang ekonomi terjadi depresi yang sangat luas. Pengangguran terjadi di mana-mana. Negara yang kalah perang kekurangan modal untuk membangun kembali negaranya. Amerika Serikat menawarkan berbagai bantuan program pembangunan (penanaman modal dan pinjaman modal). Berikut ini berbagai bentuk bantuan ekonomi dari Amerika Serikat.
  • Truman Doctrine yang diarahkan untuk membantu Turki dan Yunani.
  • Marshall Plan diprogramkan untuk membangun kembali Eropa.
  • Point Four Truman diarahkan untuk bantuan bagi negara-negara yang masih terbelakang, terutama di Asia.
  • Colombo Plan yang disponsori Inggris ingin membentuk kerja sama ekonomi dan kebudayaan.

One thought on “PERANG DUNIA II

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s