Benteng Keraton dan Kesultanan Buton

Masjid Wolio, masjid yang berada ditengah Benteng Wolio

 “Benteng Keraton yang sudah 300 tahun lebih yang menjadi keagungan dan kebanggan Buton, dan mungkin satu-satunya di seleruh Indonesia benteng yang di buat oleh penduduk asli atas perintah Rajanya . . .”

“Keraton memiliki bentuk arsitek yang unik dibangun dari Batu Kapur, dikelilingi benteng berbentuk lingkaran dengan panjang 2.740 m. Diperkirakan merupakan benteng terpanjang di Indonesia.”

Pembuatan benteng tersebut menggunakan batu, pasir, dan kapur. Disumber lain menyebutkan bahwa digunakannya putih telur sebagai perekatnya.

“Benteng ini berdiri ketika Sultan ke-4 Kesultanan Buton Dayanu Ikhsanuddin (1597-1631)” dan pembangunannya berakhir pada masa Sultan La Buke.

“kota dengan Benteng terluas di dunia . . .”ini menunjukkan bahwa Benteng Keraton merupakan kebanggaan masyarakat Buton, dan merupakan jejak peradaban Kesultanan Buton.

Kerajaann Buton di dirikan oleh “Mia Patamiana (si empat orang) yaitu Sipanjonga, Simalui, Sitamanajo, Sijawangkati yang oleh sumber lisan mereka berasal dari Semenanjung Tanah Melayu pada akhir abad ke – 13”“Puteri Wakaakaa adalah raja walio yang pertama.”

Disini Raja/Sultan Buton di sahkan menjadi pemimpin

Jadi pada awalnya, Kesultanan Buton merupakan Kerajaan Buton. Sebuah kerajaan yang “diperintah oleh 6 (enam) orang raja diantaranya 2 orang raja perempuan yaitu Wa Kaa Kaa dan Bulawambona.” Raja Buton yang keenam masuk Islam, Halu Oleo.

Setelah masuk Islam, Kerajaan Buton berubah menjadi Kesultanan Buton dengan Sultan pertamanya Sultan Marhum. Hingga 1960, “Buton diperintah oleh berturut-turut ada 37 Sultan yang memerintah di Kesultanan Buton.”

tempat persembunyian Arung Palaka saat dikejar Sultan Hasanudin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s