Barabai Banjir, mungkin kegagalan 100 tahun

Saya nulis artikel ini, biar kita tidak menyalahkan siapapun terhadap banjir yang kerap melanda kota Apam ini. Memang sich, sudah menjadi rahasia umum tentang ini. dibawah ini foto, salah satu sudut kota yang ke banjiran. Biar objektif, aku ngambil dari situs berita.

radarbanjarmasin, 7 mei 2012

inilah.com 13 september 2012

 

Memangsich, lokasi kota yang dipinggir sungai menjadi alasan utama, kalau karena air kebanyakan mah, itu wajar aja namanya juga Banjir. Jadi potensi bencanya ya air bah ketika musim penghujan. Lalu kenapa kamu bilang mungkin kegagalan 100 tahun?

coba lihat gambar ini,

Overstroomde straten te Barabai diambil pada 1928-01-13

1928-01-13

1928-01-13

G.L. Tichelman (2e v.r.) in een overstroomde straat te Barabai diambil pada 1928-01-13

Gambar ini aku dapatkan dari KITLV, sebenarnya aku gak ngeduga kalau Barabai sudah kebanjiran sejak 1928. Karena aku awalnya mencari koleksi gambar pasar murakata aka pasar lawas tempo dulu. Namun, sudahlah. Jadi, santai aja kebanjiran, itu bukan hal luar biasa, toh dari zaman kolonial kita sudah kebanjiran. Kan ada bukti dokumentasinya tu. Itu tahun 1928 terdokumentasi, saya kira jauh lebih muda lagi tahunnya, bahwa banjir memang semenjak lama menerpa kota Barabai. Melihat gambar terakhir, ada yang baju putih saya kira itu kemungkinan “pejabat” distrik Batang Alai. Andai benar, apakah pemimpin kita sudah pernah berjalan diwaktu Banjir, mencelupkan kaki seperti kebanyakan dari kita.

Oh iya, 1928 dan sekarang 2012 berarti, ada selisih 16 tahun. Hayoo, semangat 16 tahun lagi kita bisa merayakan seabad Barabai banjir, mari para insiyur muda Murakata, kita sama-sama gagalkan ide perayaan bodoh itu. Apa gak malu, 100 tahun gagal menangani Banjir dikota Apam ini. Buat sarjana pendidikan, mari cerdaskan masyarakat agar bisa menanggulangi banjir. Peran serta kita semua, akan membuat kota ini tetap lestari alamnya.

Gak masalah gagal, toh bangsa yang meluaskan wilayah dengan mengeringkan laut aja gagal, masa kita berhasil wkwkwk. Ayo semangat, bebaskan banua dari banjir yang gak penting, pikirkan aja betapa tidak efektifnya hidup dalam banjr.

Jika anda bersama kontra perayaan banjir seabad, share laman ini. Hahaha, tetap semangat,šŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s