Lapangan Dwiwarna di Kota Barabai

Lapangan ini memang menjadi pusat banyak kegiatan, karena menjadi tempat berkumpulnya para remaja, pemuda, pada waktu-waktu tertentu. Maksudnya, waktu-waktu tertentu itu bisa siang, sore, atau malam. Kalau kalian tahu, lapangan Murjani di Banjarbaru. Nah, secara fungsi memang sama, kadang-kadang juga menjadi sirkuit balap roda 2.

alun-alun dikota Barabai era Hindia Belanda

Lapangan atau alun-alun, biasanya memang berada didekat pusat pemerintahan. Pada zaman kerajaan dulu, masyarakat dikumpulkan disatu tanah yang luas untuk mendengarkan maklumat aka pengumuman dari Raja atau Pewarta Kerajaan. Jadi, para pemimpin cukup keluar sebentar dan melakukan pengumuman kepada rakyatnya. Fungsinya dewasa ini, memang tetap sama namun ada penambahan (maksudnya, masyarakat tidak lagi dikumpulkan disana kaya dulu, mungkin pas upacara 17 Agustus fungsi ini masi digunakan). Maksudnya, selain menjadi tempat apel, juga menjadi pusat kegiatan dan secara tak langsung menjadi pusat kota. Gak percaya, coba dech kalau ada hari besar, datangi aja disana pada malam hari. Pasti rame disana.

Lapangan Dwiwarna, lapangan merah putih, ya dwiwarna berarti merah putih. Kalau aku perhatikan (mungkin aku salah, karena tidak tahu yang lain), ada 3 tempat dimana Lapangan berada didekat pusat pemerintahan. Pertama, Lapangan Dwiwarna. Oke, ini sudah dibahas. Kedua, Lapangan Lambung Mangkurat di Kandangan yang berseberangan dengan kantor DPR. Ketiga, lapangan Murjani di Banjarbaru.

Lapangan Dwiwarna itu dulu bernama Alun Alun Barabai. Kalau, kamu lihat disana ada monumen. Dulu aku pikir, monumen itu di bangun untuk memperingat perjuangan para pahlawan atau ada peristiwa sejarah disana (terkait perjuangan kemerdekaan). Namun, memang tidak benar-benar salah. Ternyata, monumen itu sudah ada semenjak lama jauh sebelum negara kita merdeka. Perhatikan gambar yang ada dibawah ini, dokumentasinya sekitar tahun 1923-1927. Wah, hal baru untuk aku ketahui, hehe.ūüėÄ

monumen di Alun Alun

tugu juang

tugu juang

alun-alun Barabai

 

alun alun Barabai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s