Bila Anda memilih Sebuah Laptop

527843_575084372515651_1739935798_n

Mungkin artikel seperti ini sudah banyak dijumpai di berbagai blog dan mungkin artikel disana jauh lebih bermanfaat. Namun, tak salahnya bila jika saya turut meramaikan dengan artikel sejenis.

Sekarang ini, Laptop ataupun Notebook (termasuk didalammnya Netbook) merupakan barang yang lumrah untuk dimiliki. Bagi kita, kadang merk ataupun spek tidaklah penting  jika kita masih awam ataupun pemula. Ibaratnya, kita membeli notebook asal bisa dipakai ngetik, nonton film, browsing, main game, sudah cukup. Kita kadang kurang memperhatikan speknya, sehingga cendrung tidak tahu “jeroan”nya didalam.

Biasanya yang begini, terjadi kalau kita terlalu pengen punya notebook. Atau kita punya ayah yang sangat pengertian, sehingga membelikan anak dengan merk. Maksudnya, karena sudah amiliar dan banyak yang makai sang “ayah” membelikan produk ini untuk putrinya yang juga belum mengerti dengan komputasi.

Nah, saya ingin berbagi pengetahuan dengan orang-orang yang seperti ini. Kalau agan-agan mungkin, sudah ngerti bahkan sudah punya incaran tipe, seri, ataupun niatan untuk mengupgrade perangkat hardware ataupu softwarenya.

Okelah, cekidot.

24622_575219022502186_1279592572_n

Hal yang utama saat akan membeli, adalah untuk apa laptop digunakan? Baiklah saya akan membagi menjadi 3 yaitu kantoran, desain, dan gamer. Spesifikasi laptop untuk 3 jenis tujuan ini tentu sangat berbeda, biasanya yang jadi penekananya ada pada prosesor, ram, dan grafisnya. Jika laptop hanya digunakan untuk mengetik, nonton film, browsing, ataupun kerjaan kantoran lainnya. Maka anda tidak perlu spesifikasi yang tinggi untuk itu, maksudnya gak usah laptop dengan prosesor i7, RAM 4 GB, Hardisk 520 GB. Gak perlu, itu terlalu lebay. Sayang sekali, prosesor secepat itu cuma dipake untuk kerjaan “ringan”. Saya sarankan, untuk memakai intel pentium saja, gak perlu generasi i3. Alasanya, clock terlalu tinggi akan menguras batrai. So, gunakan core ganda, misalnya celeron  1,7.  Namun, tidak rekomendasi kalau kalian anak desain. Kenapa? Karena tugas dan kinerja laptop anda akan meningkat dalam beberapa waktu kedepan. Mungkin saja, kerjaan designnya masih bisa dikerjakan laptop ini namun, laptop akan menua, kinerja akan menurun. Jadi saya sarankan clocknya semakin cepat, agar kinerja tetap baik hingga beberapa tahun lagi. Santai saja, memang kalau ngopi file gak secepat yang clock  prosesornya besar, tapi percaya selisih beberapa detik itu gak berasa. Untuk urusan ini juga, pastikan drive DVD RW tersedia (biasanya netbook tidak tersedia), jadi gak perlu beli versi eksternalnya, bluetoothnya juga ada kalau bisa. Biasanya, cardreadernya juga ada. Kurangilah gengsi, utamakan fungsinya sesuaikan. Jika anda banyak dana, anda mungkin bisa membeli produk terbaru. Tapi kadang saya bertanya, jika kita bisa memilih sesuka hati tanpa terbatas? Dimana serunya? Kan seru, kalau punya dana 4 juta, kita beli harga 3 juta dengan membrowsing dan beragam pilihan yang terbatas. Lalu kita memilih, ternyata kurang sempurna. Tugas kita menjadikan itu sempurna, jadilah user cerdas. J

Kedua, agar kinerja laptop optimal. Pastikan, laptop tersebut menawarkan berbagai inovasinya ataupun hardware yang terbaru. Misalnya: mengadopsi USB.3.0 yang lebih cepat dalam transfer data. Karena saya pengguna lenovo, jadi saya akan menyampaikan beberapa fitur yang menjadi andalan (walaupun di vendor lain juga tersedia loh). VeriFace, atau bisa dibilang fitur pengunci wajah, jadi setiap kali mau log in. maka kamera webcame akan nyala, dan akan menyesuaikan orang yang dimuka kamera dengan foto pemiliknya. Jadi, saat log in orang yang tidak dikenal tidak bisa mengakses laptop kita. Semua orang yang berusaha log in, akan terekam dikamera dan kita bisa melihat wajah mereka. OneKey untuk memperbaiki sistem yang rusak, ataupun aplikasi untuk mengetahui kesehatan hardwarenya Lenovo Solution Center kita bisa tahu kesehatan laptop kita. Fitur lainya seperti manejemen batrai yang menawarkan beragam fitur seperti, kinerja hemat energi, seimbang, dan performa tinggi. Dibagian pengaturan ada pilihan untuk jangka waktu panjang untuk kita yang jarang kontak listrik dan ada juga yang selalu kontak listrik disebut mode perlindungan batrai. Pengaturan system malah ada yang menarik yaitu metode pembuangan debu kipas. Pas aku makai merk Ax*** aku tidak menemukan fitur-fitur ini. Sekali lagi, fitur ini mungkin ada di brand lain, dan saya saja tidak tahu. Kalian juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk beberapa fitur yang hadir di Lenovo. Gosipnya, aplikasi VeriFace dari lenovo ini juga cocok untuk laptop diluar besutan Lenovo. Secara umum saya puas dengan pilihan saya ini. Fitur-fitur ini penting karena mencerminkan orientasi produsen apakah dia hanya sekedar menjual produk, tanpa meninggalkan layanan purna jual melalui berbagai layanan yang dimilikinya.

Ketiga, brand atau produsenya. Misalnya: kalau nokia yang terkenal dengan Handphone tiba-tiba memproduksi laptop, tentu laptop besutanya belum teruji waktu dan banyak orang yang meragukan kehandalanya. Ibaratnya, pembalap moto GP disuru relly dakkar tentu saja orang meragukanya.  Kalau aku melihat promonya, asus itu nomor 1 kwalitas dan service, Lenovo nomor 1 brand. Asus merupakan pionir untuk netbook, Toshiba untuk laptop. Katanya Toshiba ini untuk perangkatnyatidak comot sana-sini, disamping Toshiba adalah produsen PC nomor 1 Jepang. Untuk Gaming, konon (saya juga gak tahu) Allianware, ataupun Asus dengan RoG (Republic of Game) dan Dell. Brand lokal nomor 1, ya Axioo. Kalau cinta buatan Indonesia bisa pilih Zyrex. Jika anda tanya, brand mana yang saya rekomendasikan? Saya akan bilang, ASUS lalu Toshiba, Sony, dan Lenovo. Dell, HP, Acer, Axioo. Secara teknis, produk mana aja sama saja, beda diharga saja. Hal terpenting adalah, garansi. Kenapa? Anda tentu tahu, dari 100 ribu produk, pasti ada cacat produksi karena berbagai alasan. Nah, siapa tahu anda yang kurang beruntungkan. Pastikan service centernya ada dikota anda, jangan sampai anda mendatangi dealernya untuk klaim garansi. Misalnya: saya berada di Banjarmasin. Saat ini Lenovo satu service center dengan Axioo. Minimal saya tahu, service centernya dimana,:D

Keempat, spesifikasi. Nh loh kenapa dibelakang ditaruh? Karena menurut saya, dari semua kriteria mulai dari untuk apa laptop digunakan, memaksimalkan kinerja laptop, dan brand. Spesifikasi disini, bukan berarti kriteria prosesor, ram, dll. Lebih ditekankan pada teknologi yang diusung, maksudnya? Perangkat kerasakan berkembang, saat ini core ganda menjadi standard, atau intel antom. Namun kedepannya mungkin akan quadcore, atau sejenisnya. Jadi pilihlah yang core ganda, pilihah RAM minimal 2 GB, kenapa? Windows 7 mensyaratkan minimum 1 GB, berbagai aplikasi akan menuntut RAM yang lebih lapang. Jadi, laptop bisa maksimal dan efektif karena tidak overload, yang bisa saja merusak ke hardwarenya. Saran saya, minimum 2 GB. Karena kebanyakan brand pasti sudah menawarkan kwalitas HD untuk layarnya, dan untuk speaker laptop. Pilihlah yang berada dibagian muka untuk hasil maksimal. Kalau bisa hindari yang dibawah layar, agar suara lebih bening dan memantul bagus.

Saya gak mengklaim bahwa saran saya ini benar dan bagus untuk diaplikasikan. Saya berharap maksimal, ini semua bisa membantu anda.😀 mungkin tulisan ini gak begitu penting dan banyak keliru, tapi semoga saja bermanfaat. Ganbatte tembayooo😀

Tinggalkan Balasan

