Kami Membagi Ide yang dapat merubah pandangan Anda tentang dunia

http://kebunhidayah.files.wordpress.com/2011/03/godaan-dunia.jpg

Ilustrasi

Ide, merupakan sesuatu yang tak tampak. Irasional, dan susah untuk diketahui. Motivasi yang membayangi di belakang adalah hal yang bisa membuat kita menerka tentang apa itu ide. Walaupun ide itu abstrak, semua orang akan sepakat bahwa ide akan nampak ketika berada dalam sebuah tindakan. Ide tentang matahari, adalah sebuah persepsi untuk memahami apa itu matahari. Melahirkan beragam definisi namun memiliki sifat yang sama, namun ide tentang matahari diterapkan maka ide itu terwujud.

Ide-ide inilah yang kemudian ingin kami bagikan di dalam Gradasi Hijau. Sebuah komunitas, yang ingin merubah dunia. Bukan dunia yang ada di hadapan kita ini. Dunia yang berisi banyak bangunan gedung, hamparan sawah, ataupun kepesatan perkembangan teknologi. Namun, dunia yang ada didalam ide-ide anda. Dunia dimana imajinasi, perasaan, dan logika berkembang hebat.

Penggiat dan Pustakawan di Alam Bebas. Sebuah resume atas sebuah kepedulian terhadap lingkungan, rasa dimana menyatu dengan lingkungan sosial, budaya, dan juga tradisi untuk terus melestarikan. Kita mengenal, tapi kita tak tahu. Kita tahu, tapi tak mengerti karena kita terkungkung dalam pemikiran yang relatif sempit. Kenapa relatif sempit? Karena kita terpaku dengan keadaan yang terjadi saat ini, merasa nyaman pada kondisi yang ada. Seakan dunia ini sama bagi semua, padahal di belahan yang lain dunia ini berbeda. Lebih kejam, tak berperasaan. Disaat kau melangkah bangga, tentu ada yang melangkah dengan putus asa. Itulah kehidupan, terus berjalan agar terus seimbang.

Mungkin, sangat mudah bagi kita saat kita memahami bahwa dizaman modern ini manusia sudah memasak menggunakan beragam bumbu. Kita selalu mengaitkan bahwa semakin rumit sesuatu disusun, maka semakin modern budaya itu berkembang. Misalnya saja, zaman dulu orang mungkin masak hanya dengan menambahkan garam sebagai perasa. Sederhanakan? Rebus sayur, tambah garam. Sekarang ini, kondisi semakin kompleks karena budaya semakin modern. Rebus wortel, plus kentang, sedikit kol harus ditambahkan kaldu ayam, ditambahkan sedikit penyedap, lada, gula, dan garam. Rumitkan? Ketimbang dulu yang cuma nambah garam, artinya kebudayaan yang rumit akan semakin modern pada saat itu. Hal ini karena, pemikiran tersebut semakin majemuk dan melampaui pemikiran yang ada pada saat ini.

Kami ingin membuka mata anda, saat ini dunia yang modern. Sebagian orang sudah menggunakan tablet untuk media informasi, sebagian sudah mulai beralih ke dunia mobile. Transaksi berjalan semudah dalam genggaman anda, sekali sentuh semuanya beres. Anda mungkin lebih mengenal dunia di sebarang lautan ketimbang diseberang rumah anda. Anda mungkin lebih tertarik untuk memajukan daerah terbelakang di daerah lain ketimbang di daerah sendiri. Kami tidak mengajak anda untuk mengajar, memberikan pendidikan gratis, tapi kami mengajak untuk melihat lebih dekat, lalu sharing itu saja. Kita lakukan terus, seperti bumi yang berotasi dan terus berevolusi untuk menciptakan dunia yang menyenangkan.

Jika kita diam, apakah kemajuan yang ada adalah milik kita sendiri? Apakah kita yang tahu beragam cerita nusantara, mereka tidak perlu tahu? Apakah kita yang semangat bersekolah, namun mereka tidak? Anda harus tahu, dimasa yang kita pikir maju ini teori bersyarat tidak berlaku.

Kami punya ide untuk membuat basecamp buku, apakah anda tidak ingin merubah dunia mereka? Dunia mereka diliputi oleh harapan yang tipis, masa depan yang membosankan. Membosankan? Apakah anda akan menemukan jawaban yang berbeda untuk cita-cita mereka. Atau mungkin jawabanya, “gak tahu” dari mereka. Apakah tak bosan melihat mimpi yang hanya menggantung saja, tanpa bisa diangkat lebih tinggi.

Apakah kalian tak ingin tahu bagaimana serunya upacara pesta panen mereka? Apakah kalian tak ingin tahu, kenapa tradisi mereka berbeda dengan suku Dayak di wilayah Kalimantan lainnya? Apakah kalian tak ingin dunia tahu, betapa kearifan lokal (local genius) mereka sangatlah bijak bagi dunia yang  tak adil. Tak inginkah kita jadikan itu pustaka yang kelak akan dibaca oleh mereka di masa depan bahwa betapa bangganya generasi terdahulu.

Apakah kalian hanya ingin melihat dokumentasi itu dilakukan oleh orang? Apakah kalian tak ingin mengenal keindahan alam kita lebih baik dari mereka yang datang berkunjung. Kami percaya, ide yang ada di kepala kita dapat di distribusikan dengan bijak kepada mereka. Mereka akan percaya, bahwa mereka tak sendiri ada kita yang terus perduli dan senantiasa ingin terus berbagi.

2 thoughts on “Kami Membagi Ide yang dapat merubah pandangan Anda tentang dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s