Apa itu Sejarah Intelektual?

Ilustrasi

Intelektual berasal dari kata intelectus yang berarti cerdik, cerdas (latin) pikiran. Intelektual dapat diartikan juga berasal dari intelensia yang berarti kecerdasan.

Sejarah Intelektual adalah sejarah yang mempelajari pemikiran-pemikiran orang-orang dimasa lalu.

Otak, semua makhluk mempunyai otak. Hewan memiliki otak, tapi otak pada hewan tidak digunakan untuk berpikir. Otak hewan digunakan untuk mengatur naluri mempertahankan hidup. Manusia juga memiliki otak, namun memiliki tiga hal dalam penggunaan otak tersebut: feeling (perasaan), naluri, dan akal. Objek kajian Sejarah Intelektual terletak pada akal yang digunakan untuk berpikir. Proses berpikir ini menghasilkan kebudayaan. Sistem kebudayaan tersebut terbagi atas: (1) Religi (2) Bahasa (3) Peralatan hidup (4) Sistem kemasyarakatan (5) Mata pencarian (6) Kesenian (7) Ilmu pengetahuan. Secara khusus sejarah intelektual mengkaji ilmu pengetahuan. Sejarah intelektual mempelajari ilmu pengetahuan (abstrak) dan pemikiran yang berkembang dari masa ke masa.

Setiap zaman/periode tertentu memiliki pemikiran yang khas (berbeda) dari periode yang lain. Biasa disebut dengan jiwa zaman (zeitgeist) dalam sejarah, atau konteks sosial dalam sosiologi.

Eropa dianggap sebagai pusat perkembangan ilmu pengetahuan setelah Islam surut. Fokus sejarah intelektual dibatasi oleh tema,waktu, dan spasial (grografis). Apa yang dipelajari dalam sejarah intelektual: siapa pemikir, isi pemikiran, dan dampak pemikiran tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s