Enkripsi Folder, File, dan USB Flash Disk

AxCrypt

Enkripsi merupakan pengacakan data sehingga pihak lain tidak bisa membaca data tersebut. Agar data yang tidak terbaca ini bisa kembali dibaca maka diperlukan proses deskripsi. Jadi, deskripsi proses pembalikan data yang enkripsi agar dapat dibaca. Enkripsi berasal dari kata encryption yang berasal dari bahasa Yunani yaitu kryptos yang berarti tersembunyi.
Apa gunanya enkripsi?
Data atau informasi terjamin kerahasianya. Hal ini penting jika kamu ingin informasi yang kamu simpan tidak dibaca orang secara sembarangan, misalnya skripsi mu yang sedang dikerjakan kamu menyelesaikannya secara susah payah tentu saja kamu tidak ingin data-data yang kamu miliki disalin orang tanpa izin untuk dimasukan dalam tulisannya.
Untuk mengantisipasi penyadapan. Walaupun data yang kita miliki disadap, dan didapatkan oleh pihak lain. Kamu bisa merasa aman, karena data yang disadap tidak dapat dibaca oleh mereka yang mendapatkannya. Misalnya: kamu ada proyek untuk pendirian rumah baca, nah kamu ingin data yang kamu miliki tidak diketahui orang. Kemudian file itu di curi dan dicetak, orang itu mengumpulkan dana atas nama anda tanpa anda ketahui.VSEncryptor
Namun ini enkripsi juga memberikan kemungkinan buruk bila digunakan untuk kejahatan seperti: Menyimpan informasi kriminalitas atau rencana teror dan apabila lupa maka data tersebut bisa hilang karena kita yang mengenkripsi lupa kode untuk mendeskripsikannya.
Enkripsi ini biasanya semakin aman apabila semakin bit yang digunakan untuk melakukan enkripsi, standarnya adalah 32 bit. Enkripsi ini penting, misalnya data kita disadap oleh sebuah pihak, di mana arus komunikasi kita dibajak termasuk akun perbankan. Apakah bisa diretas? Belum tentu, sebab infonya di enkripsi. Terus apakah penyadapnya bisa melakukan deskripsi? Butuh waktu yang sangat lama untuk membuka enkripsi yang belum tentu bisa di deskripsi, kecuali penyedia layanan anda membuka kode enkripsinya sehingga penyadap bisa membaca datanya.
Baiklah, kita akan melakukan enkripsi atas file, folder, bahkan Usb Flashdisk (FD). Kita di sini menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh windows xp, vista, 7, dan 8. Namun laptop saya menggunakan windows 7, jadi tutorial ini pastinya terjamin bisa diterapkan.
Mengenkripsi file:

1. Tentukan file yang mau kamu enkripsi.

1

pilih properti

2. Klik kanan lalu pilih properties

2

pilih tingkat lanjut

3. Conteng tanda โ€œenkripsikan file…โ€ (kebetulan saya pake windows dengan bahasa Indonesia.)

3

enkripsi file

4. Lalu pilih ok, selanjutnya pilih terapkan alias apply.

5. Pada peringatan atau warning, pilih enkripsikan file kalau cuma mau filenya aja yang di enkripsi atau folder juga dengan memilih yang diatasnya.

4

pilihan untuk mengenkripsi

6. Jika sudah, pilih ya lalu ok untuk menutup kotak dialog.

7. File yang dienkripsi akan berubah menjadi hijau tulisannya.

5

warna file berubah menjadi hijau

Mengenkripsi folder, juga melalui proses yang sama dengan cara mengenkripsi file. Jadi tidak perlu dijelaskan panjang lebar. ๐Ÿ˜€ Lalu bagaimana cara mendeskripsikannya, ya kamu harus merubah propertinya.
Sekarang kita melakukan enkripsi untuk sebuah fd:

1. klik kanan fd yang akan anda enkripsi.

f1 (FILEminimizer)

pilih turn on BitLocker

2. Lalu pilih turn on bitlocker

f2

BitLocker setup dijalankan

3. Pilih gunakan sandi untuk mengunci Drive. Lalu masukan sandi yang anda inginkan, dan lakukan konfirmasi sandi anda.

f3

masukan password anda

4. Selanjutnya buat kunci cadangan untuk pemulihan jika suat saat anda melupakan kunci kata sandi anda. Simpan di masa saja yang anda inginkan.

f4

file key yang akan digunakan bila anda lupa password

f5

klik start maka enkripsi akan segera dimulai

f6

enkripsi dimulai

f7

BitLocker melakukan enkripsi

f8

enkripsi fd selesai

f9

saat fd di colok, fd dapat digunakan setelah memasukan password

f10

saat password tidak dimasukan maka inilah jawaban saat fd coba digunakan

Lalu bagaimana cara untuk mengembalikan fd kembali? Kamu harus memindahkannya file mu, lalu format. ๐Ÿ˜€ logikanya kalau fd itu berisi data penting, kamu gak akan memformatnya bukan. Tapi celakanya kalau fd hilang, orang bisa makai fd itu dengan menghapusnya, tapi data mu akan hilang secara aman. Haha ๐Ÿ˜€ Salam hangat. ๐Ÿ˜€ artikel ini tersedia dalam versi pdf, silakan unduh ๐Ÿ˜€

Enkripsi File, Folder, dan USB FD

Iklan

2 respons untuk โ€˜Enkripsi Folder, File, dan USB Flash Diskโ€™

  1. Al lienna berkata:

    Selama proses meng enskrip dan belum 100% sya sudah mencabut flashdisk sya,dn skarang FD sya tidak bisa dibuka dilaptop.adakah cara untuk memulihkan FD sya?trims..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s