Lebih Aman Menyimpan File dalam Format RTF

Office-word-rtf-icon

Rich text format yang populer disebut dengan RTF. Beberapa orang menganggap ini merupakan format dokumen yang aman untuk digunakan untuk terhindar dari virus. Biasanya dokumen yang dirubah dalam format ini akan menjadi lebih besar ukuran filenya daripada aslinya.

rtf 5 (FILEminimizer)

file sebelah kanan (rtf) lebih besar daripada yang sebelah kiri (docx)

Alasan utama kenapa format ini aman adalah karena tidak populer seperti format doc pada Office Word, sehingga belum menjadi sasaran utama peretas atau pembuat virus. Format ini biasanya digunakan untuk menyiasati, kehilangan dokumen.

Beberapa antivirus akan segera menghapus file doc yang diduga domplengi oleh virus, tak perduli seberapa penting file itu bagi anda. Format RTF ini menjadi solusi karena lebih aman digunakan.

RTF sendiri lebih mudah dibuka, karena program wordpad yang sedianya tanpa lisensi dapat membukanya. OpenOffice yang bersifat terbuka juga dapat membukanya, hal ini juga digunakan untuk menyiasati Office yang tidak seragam di mana Office 2004 yang masih populer tidak bisa membuka format DOCX. RTF sendiri dibuat berdasarkan spesifikasi DCA (Document Content Architecture) yang oleh IBM digunakan untuk SNA (System Network Architecture) hal ini digunakan untuk mentransfer file yang berformat WYSIWYG (What You See Is What You Get) yang menjembatani platform yang berbeda seperti Windows dan Mac.

Suatu ketika pernah terjadi, saat saya membuat sebuah proposal kegiatan di laptop. Saya ngerjakan siang malam, lalu saya bawa ke kampus untuk di edit kembali. Namun, tidak bisa karena word di sekretariatan tidak mendukung. Alhasil, saya susah mengedit dan meminta teman untuk mensave as, ke doc. Nah, melalui rtf ini, semua versi Microsoft Office Word bisa membukanya. Jadi mulai versi jadul sampai terbaru bisa membuka dokumen tipe ini.

Sejauh ini RTF masih aman, namun jika populer digunakan bukan tidak mungkin kedepannya format ini diserang oleh virus sebagaimana doc. Gunakan format rtf ini untuk menyimpan dokumen penting anda seperti tugas akhir anda. J

Bagaimana menyimpan file ke dalam versi ini?

  1. Saat anda pertama kali menyimpan file dokumen,
  2. Setelah memberi nama dalam simpan dalam format apa. Pilih RTF.

rtf 1 (FILEminimizer)

  1. Cara lainnya dengan mengetik langsung kode eksistensi itu.
  2. Maksudnya begini, anda mau menamakan file dengan nama: “Rich Text Format yang Populer untuk keamanan” nah diujung kemanan tambahkan langsung rtf, sehingga menjanda: “Rich Text Format yang Populer untuk keamanan.rtf” lalu save atau enter.
  3. Jika file anda dalam format doc, atau docx. Anda bisa dengan melakukan save as dengan klik berkas lalu simpan sebagai.
  4. Atau tekan F12
  5. Anda bisa melakukan hal yang sama seperti langkah sebelumnya.

Semoga bermanfaat, semoga anda lebih Safety lagi. J

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s