Cara memperpanjang STNK atau Pajak Kendaraan

https://i1.wp.com/media.viva.co.id/thumbs2/2012/04/17/151387_pelayanan-samsat-outlet_663_382.jpg

gambar ini hanya ilustrasi

Hai-hai salam hangat, kali ini aku ngebahas cara memperpanjang STNK/Pajak ya. Memperpanjangnya gak ribet, Cuma butuh sekitar 15 menit aja kok.😀 di kota ku ini kalau memperpanjang STNK itu ada 2 pilihan pake calo atau urus sendiri. Kalau calo, itu nambah 50k haha kalau ngurus sendiri, santai aja. Sesuai aturan aja sih,😀 biasanya orang yang baru-baru mau membayar untuk pertama kali, biasanya khawatir. Apakah dipersulit atau enggak? Kata teman, kalau ditempatnya justru di persulit, jadi harus lewat calo.

Lewat calo itu sih, biasanya untuk yang sibuk. Jadi gak ada waktu buat ngurus, jadi tinggal antar dan jam sekian tinggal ambil. Tapi kalau mau bayar sendiri, itu lebih oke.😀

Apa yang perlu kamu bawa? Salinan bpkb, salinan stnk, dan salinan ktp plus bawa pulpen.

Saat sampai di samsat, kamu langsung masuk. Menuju loket 1, ambil formulirnya warna kuning. Sama petugas jaga, salinan tadi bakal di staples jadi satu. Kamu akan mengisi sejumlah informasi yang diperlukan. Tulis aja, anggap aja nulis itu sekitar 2 menit.

Kamu selanjutnya, ke loket 2 untuk melakukan cek fisik kendaraan. Ntar dapat kertas kuning, kamu isi. Umumnya butuh waktu sekitar 3 menit juga, karena petugasnya melakukan verifikasi berkas mu. Kalau udah, berkas dikembalikan. Kemudian kamu membawa ke loket 3.

Berkas tadi diserahkan ke petugas. Tunggu sekitar 10 menit, nanti nama mu dipanggil dari loket 4. Nama yang dipanggil itu biasanya nama dari ktp yang dilampirkan. Saya memperpanjang sepeda motor yang biasa saya pakai, 202 ribu. “Bapak Rismiyadi.” Kata petugasnya. Saya lalu datang, “202 ribu pak.” Saya kemudian membayar. Petugasnya lalu bilang, “bapak ke pos diluar sebelah kanan.” Setahu ku itu cek fisik, aku lalu kesana. Di sana, stnk yang baru di tanda tangani dan di stempel. Anggap aja proses ini 2 menit. Yap, setelah di ttd proses selesai. Butuh 17 menitlah, dengan catatannya semua petugasnya standby alias ada ditempat.

Selanjutnya, kamu bisa pulang kerumah.😀 mudah ajakan memperpanjang stnk/pajak.😀 jangan lewat calo, mending kamu aja jadi calonya,😀 urus sendiri, sekarang udah mendingan. Semoga kedepannya, untuk memperpanjang ini bisa lewat web, jadi kita bisa langsung input datanya gitu, kalau udah tinggal print out. Untuk formulir dan cek fisik, petugasnya tinggal verifikasi kelengkapan yang berupa salinan saja. Sekaligus di webnya langsung bisa menunjukkan berapa biayanya. Jadi uang yang disiapkan dari rumah itu sudah pas. J

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s