10 Panduan untuk Keamanan Mobile Anda

Ilustrasi

Ilustrasi

Smartphone, handphone, laptop, tablet merupakan barang-barang elektronik yang dengan mudah kita bawa-bawa. Kita gunakan di mana saja dan kapan saja, sekarang ini orang lebih suka ketinggalan dompet daripada smartphone mereka. Ya, hal ini tidak mengherankan karena banyak orang yang tergantung dengan benda-benda tersebut. Bagaimana anda mengamankan perangkat, yang bagaikan nyawa kedua tersebut. Kerugian kadang bukan hanya secara materi tapi juga secara imateri seperti nama baik.

Perangkat anda mungkin saja hilang, anda bisa saja salah instal aplikasi yang ternyata virus, atau anda bisa saja diisengi oleh teman yang tidak bertanggung jawab. Jaringan yang anda gunakan, bisa saja disusupi. Pada akhirnya anda sendiri yang menanggung kerugian tersebut. Jaga keamanan mobile anda, karena itu penting untuk anda. Bukan hanya untuk saat ini namun juga dimasa mendatang.

Maka dari itu saya mau berbagi tips keamanan buat anda. J semoga bermanfaat ya.

  1. Kunci perangkat anda, sehingga cuma anda yang bisa mengaksesnya. Anda bisa menggunakan pin, atau password untuk itu. Untuk laptop anda bisa mengunci mulai dari biosnya, sehingga kalau laptop anda hilang dia gak menggunakan laptop anda. Setidaknya dia harus mengganti bios anda, alhasil data anda tak bisa direcoveri. Anda bisa tenang karena data yang anda miliki tetap aman. Setelah mengunci bios anda, anda bisa buat akun untuk windowsnya. Silakan bikin password, paling tidak orang yang tidak dikenal gak bakal bisa mengaksesnya. Hal yang sama juga untuk smartphone atau tablet, gunakan pin untuk mengamankan.
  2. Install aplikasi dari sumber yang anda percaya. Bila anda pengguna android, pastikan anda menginstall aplikasi dari playstore atau dari situs aplikasi smartphone anda. Jangan instal aplikasi dari situs yang anda ragukan, atau sumber yang tidak anda percayai. Cek rating dan preview yang diberikan oleh pengguna aplikasi tersebut. Lihat juga, peraturan privasinya. Hal yang sama juga untuk laptop, biasanya untuk windows akan muncul izin privasi yang harus disetujui. Nah, kalau di linux itu biasanya menggunakan password pengguna untuk izin. Jadi gak bisa asal untuk meninstallnya. Jika anda ragu, lebih baik tak usah menginstall dan cari alternatif aplikasi lain. Kalau kamu ngunduh dari blog, kamu harus cek komentar orang tersebut. Ada gak komplein, seperti link mati atau timbul masalah tertentu. Saya tak menganjurkan menggunakan crack atau menggunakan serial number palsu. Anda harus paham resikonya, jika anda menggunakan cuma untuk biasa-biasa aja dan tersedia dalam versi biasa aja gak usah di rubah ke pro.
  3. Simpan data anda, dan sering perbarui. Jika anda menggunakan smartphone, sering-sering di update di laptop. Backup foto, musik, atau kontak anda. Simpan hal-hal penting untuk anda. Anda tidak tahu, jika hape anda tiba-tiba jatuh dan tak bisa pakai. Anda bisa melakukan pemulihan kontak, foto, atau musik anda di hape anda yang baru. Jika anda menggunakan laptop, anda bisa menggunakan map tas kerja. Taruh satu folder di fd anda, kemudian masukan salinan file yang anda nilai penting. Rajin-rajin diperbarui file anda. Bila anda pengguna lenovo (misalnya) anda bisa menggunakan one key resque untuk melakukan backup. Anda juga bisa menyimpan data anda di cloud, untuk lebih mudah sehingga data lebih terjamin keamanannya. Anda bisa mengaksesnya kapan saja, tanpa khawatir kehilangan.
  4. Selalu update sistem operasi mu. Semua buatan manusia itu tidak ada yang sempurna, pasti ada kekurangannya yang disebut dengan “bug”. Jadi sudah sewajarnya kamu mengupdate sistem mu itu ya. Beberapa jenis android memang ada yang tidak bisa di update, tapi gak ada salahnya kalau kamu melengkapi handphone dengan sejumlah aplikasi untuk keamananya. Misalnya: di update terbaru, ada fitur keamanan yiatu google Drive. Sementara itu perangkat mu gak ada, tak ada salahnya bukan kamu memasang aplikasi itu juga mengingat semua perangkat baru sudah menaruh aplikasi itu sebagai standar pabrikan. Nah, kamu juga jangan malas mengupdate aplikasi di hape mu ya. Untuk di laptop, kamu bisa pake baidu antivirus untuk mengupdatenya. Akui sajalah, banyak windows bajakan yang dipake, jadi kalau diupdate bisa kena blok atau blacklist. Pake baidu, kamu bisa memilih fitur apa saja yang diupdate tanpa khawatir kena block tadi.
  5. Jangan hack perangkat mu. Smartphone memang terkesan gagah kalau udah di rooting untuk android. Namun apakah itu perlu? Sebagian memang menilainya perlu, untuk meningkatkan kemampuannya. Pertanyaannya, apakah anda perlu melakukan itu? Jika anda hanya menggunakannya untuk foto-foto, nelpon, sms, browsing, atau hal-hal yang biasa-biasa aja. Saya sarankan gak usah diroot. Buat pengguna laptop, jika laptop anda gunakan untuk menghack kaya makai aplikasi net cut, atau aplikasi pihak ketiga untuk menghack jaringan atau laptop orang. Saya sarankan untuk berhenti, karena itu tidak aman untuk perangkat anda. Gak lucu, kalau anda yang menghack ternyata anda dihack.

antivirus

  1. Selalu “keluar” dari situs banking atau situ belanja. Sekarang ini dengan kemajuan internet, layanan perbankan dan belanja menjamur. Ada ibank.bni ada bsm.online, ada bri.internet. pokoknya banyak, semua bank punya situs bankingnya. Cek dua kali situs perbankan anda, jangan terkecoh sama tampilan. Karena penipuan menggunakan “phising” itu mengelabui pandangan mata. Pastikan ketika membuaka, bsm.online itu yang anda buka adalah bsm.online.com bukan zedzzzz.co.uz/bsm.online. Itu sudah pasti bukan situs aslinya. Jelas anda dijebak. Versi mobile juga ada, ada mandiri mobile, ecash. Pastikan aplikasi itu dikeluarkan oleh bank terkait, agar dipastikan keamanannya. Jika itu dari aplikasi pohak ketiga, coba lihat peraturan privasinya. Apa saja yang diaksesnya? Itu semua untuk kemudahan kita, tapi pastikan anda “keluar” dari situ atau aplikasi itu. Jangan sampai anda tidak “keluar” karena siapa saja bisa dengan mudah menggunakan akun anda untuk menguras isi rekening anda. Lazada, bhineka ataupun situs jual beli Online lainnya, anda juga harus berhati-hati. Gak lucu, ecash anda tiba-tiba habis dipakai untuk belanja barang yang tidak anda pesan. Dikirim tidak ke alamat anda, bukan kah itu sebuah kerugian. Atau tiba-tiba anda membayar tagihan pesanan, pesan anda 5 juta, anda bayar 6 juta. Karena buru-buru anda tidak perhatian, alhasil sejuta itu entah kemana. Pastikan anda selalu keluar dari situs ebanking dan belanja, atau aplikasi mobile perbankan anda. Anda juga jangan menggunakan jaringan wifii publik untuk aktivitas ini, karena rawan disadap apalagi jika wifii ini gak ada passwordnya. Anda harus semakin curiga.
  2. Matikan wifii, jangan bagikan lokasi anda, dan bluetooth matikan ketika tidak digunakan. Perangkat mobile saat ini pada umumnya akan mencari secara auto, begitu ketemu akan selalu menghubungkan. Ini berbahaya karena rawan menjadi korban tindakan kriminal cyber. Matikan wifii saat tidak digunakan. Media sosial berbasis lokasi memang booming, seperti foursqure. Tapi tidak setiap anda ada di mana, anda bagikan. Pikirkan keamanan anda, jadi bagikan yang perlu dibagikan aja. Gak lucu, kalau anda update status fb, “mati lampu dirumah sendirian, bokap dan nyokap mana neh.” Baru saja di kompleks Premeswari Banjarmasin. Apa yang dipikirkan oleh penjahat? Ya kamu adalah sasaran empuk karena lagi sendiri, sedang ada pemadaman. Ini bisa memancing, tapi antisipasi dengan tidak mengupdate hal-hal seperti ini juga pentingkan. Bluetooth juga dimatikan, jangan sampai kamu berkirim data dengan perangkat yang tidak dikenal. Gak lucukan, ada orang mengirim malware dan masuk ke hape mu. Terus kamu menginstall secara tidak sadar. Bahaya ini, jadi bluetooth dimatikan, wifii juga ya. Selain untuk memperpanjang masa pakai baterai, ini penting untuk keamanan loh.
  3. Berhati-hatilah untuk mengkonfirmasi pesan. Misalnya kamu mendapatkan email yang meminta untuk mengkonfirmasi pembayaran rekening tertentu, kamu melihat emailnya dari bank. Kamu lalu mengkonfirmasi dengan mengirim kode pin ebanking kamu. Nah, di sini kamu sudah menjadi korban. Bank saja, untuk mengkonfirmasi dia meminta pin secara acak. Lalu kenapa kamu memberikan pin secara utuh? Berhati-hatilah, terus waspada. Sebuah bank pada umumnya, punya alamat email yang bukan subdomain.
  4. Berhati-hati dengan pesan teks yang memberikan informasi. Kamu sedang jalan, tiba-tiba ada sms masuk dan menyatakan kamu menang undian. Hati-hati kamu sedang diintai untuk jadi calon korban, terus ada link untuk mengkonfirmasi. Nah kamu jangan klik link itu ya. Bisa saja, ketika kamu menyentuhnya terus perangkat mu langsung mengunduh sesuatu, terus hape mu hang. Ketika kamu membuka email, hati-hatilah untuk hal yang seperti ini. Cukup baca aja, kalau ragu ya abaikan saja. Toh kamu gak rugi aja.
  5. Pasang antivirus. Baik diperankat smartphone maupun di laptop, antivirus ini penting. Apalagi yang sering browsing, kita sering mendownload aplikasi yang sebenarnya kita gak pengen lewat. Pakai antivirus, bahkan untuk android sekarang ini. Antivirusnya ada yang bisa dipakai untuk anti-thief alias anti maling, atau untuk merefresh ram. Pake aplikasi yang all in one, jadi kamu gak perlu pasang banyak aplikasi.

Keamanan mobile ini ada pada anda, anda yang memutuskan untuk safe atau tidak. Jika anda sudah berhati-hati, maka jika anda kecolongan masih selayaknya anda mengadu kepada penegak hukum. Perangkat mobile memudahkan untuk beraktivitas dan meningkatkan produktivitas kita. Jangan sampai membuat kita menjadi rugi. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda, J

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s