Jangan kejebak pada Kbps atau Mbps

kbps

Kbps vs KBps

 

Sekarang ini kita sering menjumpai iklan dan promosi dari berbagai produk komunikasi seperti handphone, modem, dan kartu perdana yang menggembor-gemborkan kecepatan mereka. Ada yang 72 Mbps, ada yang 7,2 Mbps, ada yang cuma 2,1 Mbps. Lalu kita mulai tergiur untuk menikmati layanan dari operator tertentu. Kita mulai tertarik dengan produk tertentu. Namun dahi kita mengereyut karena gak sesuai dengan ekspektasi yang kita pikirkan. Kali ini saya akan membicarakan hal tersebut.

Apakah itu penting Kbps/Mbps? Bagaimana cara agar kita tidak terjebak pada “tipuan” seperti itu? Berikut ini kita akan sama-sama mengevaluasi hal tersebut. Kita akan melihat-lihat beragam promo dan bagaimana kecepatan itu ditunjukan dalam prakteknya. Hal ini kita sandingkan antara kenyataan dilapangan dan promo yang mereka tawarkan. Semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Lebih banyak orang yang melek, orang akan kurang menggerutu dan bisa semakin bijak memahami produk yang mereka gunakan.

jenis produk yang mengandalkan "kecepatan" untuk nilai jual

jenis produk yang mengandalkan “kecepatan” untuk nilai jual

Kecepatan 7,2 Mbps/2,1Mbps, 24 Mbps merupakan angka yang sering kita jumpai pada 3 produk ini, kartu perdana, modem, dan handphone. Biasanya ini menjadi nilai jual yang penting bagi mereka. Produktivitas, efektivitas, menjadi moto utama untuk menggambarkan seberapa pentingnya produk mereka.

KBps justru sering kita jumpai pada aplikasi seperti IDM, aplikasi yang menggambarkan kecepatan jaringan yang digunakan. Tahukah kamu kalau KBps dan Kbps itu berbeda. KBps itu ankronim dari Kilo Byte per Second, Kbps itu Kilo bit persecond. Sepintas kalau kita baca itu terdengar sama, padahal itu adalah 2 hal yang berbeda. 1 KB = 8 Bit. 1 B = 1 data. 1 MB = 1024 KB atau sama dengan 8192 Bite. Singkat kata, 1MB = 8 kali 1Mb. 1 Bite juga menggambarkan sistem angka biner yang tersusun atas 2 angka yaitu 0 dan 1. Bite digunakan untuk menyatakan satuan terkecil dari sebuah data.

Kita sering menjumpai promo produk telkomsel (contoh dalam hal ini), dengan kecepatan 7,2 Mbps. Bagaimana membacanya dengan benar? 7,2 Mbps = 0,9 MBps (dibagi 8). Artinya kecepatan maksimum yang kamu rasakan saat terhubung ke jaringan hanya sebesar 0,9 MBps atau 900KBps. Itu merupakan kecepatan maksimal dari operator tersebut, kalau gak percaya. Cek aja, gak mungkin lewat segitu kecepatan dari operator tersebut. Begitupun dengan operator lainnya, berapakah yang diklaimnya? Bagikan saja 8. Itulah kecepatan maksimum yang ditawarkan oleh operator tersebut.

Handphone dan modem merupakan produk yang jualan utamanya juga kecepatan dari produknya. Apakah anda terjebak pada kecepatan dari modem atau handphone saat membeli sebuah produk? Saya harap jawabannya adalah tidak, sebab secepat apapun klaim dari operator kalau memang perangkatnya gak dukung. Tetap aja bakal mentok sampai segitu aja. Sekarang ini android menjadi sangat populer dan banyak digunakan. Android dengan segala fitur yang dimiliki akan mubazir jika tidak terhubung ke jaring saat akan digunakan. Dengan berbagi jaringan melalui hotspot kita bisa menghubungkan perangkat seperti laptop ataupun handphone untuk mengakses internet. Sehingga koneksi atau jaringan menjadi bagian yang penting bagi kita sebagai pertimbangan.

Jika jaringan ditempat anda hanya sebetas EDGE atau operator anda menawarkan koneksi 7,2 Mbps dan anda berpikir untuk membeli perangkat dengan kecepatan 12Mbps, sedikit lebih mahal. Tidakkah anda berpikir bahwa anda membuang sejumlah dana yang anda miliki? Sebab perangkat anda tidak akan secara maksimal dirasakan manfaatnya? Jika anda berpikir, toh nanti kalau kecepatan di upgrade, handphone saya tetap support? Saya akan bertanya, tidakkah anda akan mengganti handphone anda nantinya? Jika ya, maka belilah sesuai dengan keperluan anda, jangan terjebak dengan promo yang selangit. Kalau promo harga masih mending, barang yang mahal jadi murah. Membeli secara rasional itu lebih penting daripada membeli secara rasio. Percuma kalau kamu megang Galaxy Camera tapi cuma dipakai buat dengarin musik yang ngisi 5000. Mending kamu megang hp murah, tapi bisa maksimal kamu gunakan. Bisa kamu oprek, kamu pakai download, pake nonton, browsing, daripada megang hp karena gaya semata.

Semoga bermanfaat, anda bisa bijak dalam membaca promo terutama yang make kata Kbps atau Mbps sebagai nilai jual. Operator ataupun produsen perangkat seperti handphone atau modem menjadikan Kbps/Mbps menjadi jualan utama mereka agar tampak “keren”, tapi jangan sampai anda tidak se”keren” produk yang anda pakai. J

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s