Apa sih Fungsi Pasar?

B 20140415_144159

Pasar memiliki fungsi sebagai sebagai tempat penyebaran serta penyimpanan barang-barang. Tempat berpindahnya satu komoditi dari satu pihak ke pihak lainnya. Pasar berfungsi untuk mendistribusikan barang secara rasional. Hal ini ditunjukan dengan:

– Pasar menetapkan nilai (sets values).

Barang yang diinginkan oleh masyarakat (dalam hal ini adalah konsumen) mempunyai tingkat harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan barang yang tidak diinginkan oleh masyarakat. Gerak kekuatan permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar menentukan tingkat harga barang. Hal ini secara mudah berarti jumlah barang yang diproduksi akan meningkat jika permintaan konsumen meningkat. Meningkatnya permintaan akan mendorong naiknya nilai suatu barang, sehingga pasar yang menjadi tempat pertemuan barang tersebut menjalankan fungsinya sebagai penetap nilai dalam perdagangan.

Pasar mengorganisasi produksi.

Dengan adanya harga-harga faktor produksi di pasar, maka akan mendorong produsen untuk memilih metode produksi yang paling efisien. Bila harga suatu faktor produksi naik, misalnya penjual kue akan mengurangi pembelian tepung dan telur jika dua bahan pokok pembuatan kue tersebut mengalami kenaikan harga.

Pasar mendistribusikan barang.

Hal ini menyangkut tentang untuk siapa barang diproduksi. Para konsumen (pembeli) dapat dengan mudah menemukan barang yang mereka butuhkan di pasar. Pasar menjadi wadah dimana barang dapat didistribusikan secara tepat kepada konsumen.

Menyelenggarakan penjatahan

Penjatahan ini merupakan inti dari harga. Maksudnya, sejumlah barang yang diproduksi dalam kurun waktu tertentu akan terbatas. Keterbatasan inilah yang membuat barang mengalami penjatahan berdasarkan harga. Semakin tinggi harganya, maka akan semakin sedikit orang yang bisa mendapatkan (mengkonsumsinya).

Mempertahankan dan mempersiapkan kebutuhan dimasa yang akan datang.

Hal ini ditujukan dengan adanya investasi dan tabungan. Misalnya kita membeli emas di pasar sebagai investasi. Hal ini didasarkan pada keyakinan bahwa suatu saat dimasa depan bahwa nilainya akan meningkat atau saat memerlukan dana secara cepat kita bisa menjual kembali emas tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s