Hal yang dipertimbangkan dalam Saluran Distribusi

uyEhbOrfUT

pendistribusian barang

Beberapa hal yang dipertimbangkan dalam menggunakan saluran distribusi:

  1. Pertimbangan pasar, jika pasar faktor produksi maka tidak mempertimbangkan pasar mana yang digunakan. Namun, dalam pasar konsumen, distribusi barang/jasa harus mempertimbangkan letak geografis, kepadatan penduduk, dan lain-lain.
  2. Pertimbangan barang. Barang yang dijual produsen biasanya tergantung pada volume atau jumlah barang yang diperjual belikan, jika volumenya besar maka saluran distribusinya akan lebih ringkas. Bila volumenya kecil, maka saluran distribusinya panjang karena akan menggunakan perantara. Barang yang mudah rusak pun membutuhkan perantara dalam mendistribusikan barangnya.
  3. Pertimbangan produsen. Produsen yang masuk ke dalam sebuah pasar, harus memahami wilayah yang akan dimasukinya. Jika menginginkan pengawasan yang mudah, maka saluran distribusinya haruslah pendek.
  4. Pertimbangan perantara. Perantara merupakan pihak yang akan menghubungkan produsen dengan konsumennya, maka perantara ini harus memberi pelayanan terbaik kepada konsumen, mampu bersaing, berinisiatif.

Pada umumnya pasar dibedakan atas pasar konsumen yang barang diperdagangkan untuk dikonsumsi sendiri dan pasar faktor produksi yang mana barang yang diperdagangkan ini bukan untuk dikonsumsi sendiri tapi untuk keperluan bisnis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s