Tips mengelola keuangan untuk menjadi kaya

blog+(1)

 

Hal-hal baik dalam hidup bisa direncanakan, kebahagiaan bisa diatur. Kamu harus turun tangan untuk mengatur itu dari sekarang.

 

Sudah sering membaca artikel tentang cara mengelola uang? Udah bosan dengan menejemen keuangan yang ditawarkan pakar? Berpikir pakar itu lahir dari orang kaya, yang gak mungkin jebol keuangannya walau dia dilanda krisis keuangan atau pengeluaran diluar ekspektasinya.

Sama seperti anda, saya juga sering. Saya ada memanja sebuah thread di kaskus, saya menuliskannya di buku. Saya bukan tipe orang yang belajar dengan membaca saja, saya biasanya akan menuliskannya hal-hal yang saya pikir penting. Salah satunya saya tuliskan di buku. Sekarang apa yang tersimpan di dalam buku saya itu saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Mengelola uang itu bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan, keperluan, atau menyimpan uang untuk ditabung. Namun, mengelola uang itu juga berguna untuk memberikan jaminan bagi anda, bukan hanya secara finansial. Namun, juga secara sosial dan membantu anda menaikkan jenjang karir anda. Berikut sejumlah tips untuk anda:

1. Berapapun penghasilan, bagilah menjadi 5. Kelima bagian itu adalah:

  1. Biaya hidup. Hiduplah dengan berhemat, masaklah sendiri makanan yang kamu makan. Jangan terlalu sering makan diluar, kalaupun makan diluar pilihlah makanan yang murah.
  2. Biaya sosial. Gunakanlah uang mu untuk membeli pulsa, mentraktir teman, bos, atau siapa saja. Sangat disarankan kamu mentraktir orang yang bisa membantu mu mengembangkan karir.
  3. Belajar. Uang yang kamu miliki gunakanlah untuk membeli buku, mengikuti kursus atau seminar. Gunakanlah untuk menambah ketrampilan mu, karena siapa tahu akan bermanfaat bagi mu dimasa depan.
  4. Liburan. Saat kamu sudah letih dengan semua rutinitas yang kamu lalui setiap hari. Gunakanlah untuk liburan, misalnya setiap akhir pekan. Tak usah jauh-jauh, cukup yang dekat dengan tempat mu tinggal. Atau kamu mengambil momen cuti untuk berlibur ketempat lain. Ini penting untuk mengisi kembali semangat mu, atau menyegarkan semangat mu yang sempat luntur.
  5. Investasi. Kamu bisa menabung, menyimpan uang mu dalam bentuk deposito. Kamu bisa mengikuti program tabungan berencana atau perencanaan. Atau kamu pakai untuk berdagang.

2. Jangan belanjakan uang terlalu banyak untuk membeli pakaian. Saat miskin, kamu jangan terlalu konsumtif, belilah barang yang kau butuhkan. Jangan habiskan uang hanya untuk membeli barang yang kurang kau perlukan.

3. Jika gaji mu tidak naik dalam setahun kamu harus mau mencari pekerjaan lain. Kamu harus melihat, apa yang salah dengan mu dalam bekerja sehingga tidak mengalami kenaikan terhadap gaji mu? Kamu harus memperbaiki diri, bekerja lebih giat, atau mulai melirik karir ditempat lain yang lebih menjanjikan.

4. Jika gaji mu naik 15% kamu harus mencari pekerjaan lain. Hitunglah berapa penghasilan mu. Ada tidak mengalami naikan? Jika tidak naik sampai 15% kamu harus mempertimbangkan mencari pekerjaan tambahan, bekerja labih giat lagi.

5. Saat kamu miskin, kamu harus berbuat baik kepada orang lain. Namun setelah kamu kaya, biarkan orang lain berbuat baik pada mu. Kamu harus rajin membantu sesama mu, memberikan sedekah, sumbangan kepada orang yang membutuhkan. Saat kamu banyak memberi maka kamu akan semakin banyak menerima.

6. Saat kamu miskin, biarkan orang lain memanfaatkan mu. Saat kamu kaya, jangan biarkan orang lain memanfaatkan mu. Saat kamu miskin, lebih banyaklah berada diluar rumah. Tapi setelah kamu kaya, kurangilah intensitas mu di luar rumah. Habiskanlah lebih banyak waktu mu di rumah. Tentu saja lakukanlah hal-hal yang bisa membantu karir atau memberikan penghasilan tambahan bagi kerja keras mu.

7. Saat kamu miskin, belanjakanlah uang agar orang lain bisa melihat mu. Tetapi setelah kamu kaya, jangan biarkan orang lain melihat kamu sebagai pribadi yang suka berfoya-foya. Kamu harus menunjukkan bahwa kamu mampu, kamu membelanjakannya sebagai bentuk upaya untuk menjalin hubungan yang kuat dengan siapa saja. Jangan ragu, siapapun dan kapanpun akan menjadi pintu rezeki untuk mu.

8. Tak ada yang salah dengan yang muda dan miskin. Kamu harus memahami apa yang penting dalam hidup mu.

9. Hal-hal baik dalam hidup bisa direncanakan, kebahagiaan bisa diatur. Kamu harus turun tangan untuk mengatur itu dari sekarang.

Semoga bermanfaat buat mu, atau kamu memberikan koreksi, saran.šŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s