Tips menggunakan kartu ATM

atm

ATM yang saya miliki

Kali ini saya membagikan tips untuk mengambil uang di atm. Tips ini semoga berguna bagi kalian ya.

Pertama, lakukan di tempat yang transaksinya ramai. Jadi kemungkinan untuk tindak kejahatan untuk penipuan adalah nihil. Gak mungkin orang nodong kamu, sementara lokasi itu ramai. Transaksi yang tinggi, membuat atm semakin sering diisi ulang. Tingkat error atau mesin dalam problem juga jarang. Walaupun jarang, jika ada problem juga cepat ditangani. Ibaratnya, kamu udah jauh jauh ke sini, eh mesin error. Jadi balik lagi, tapi kalau transaksi ramai lokasi langsung di perbaiki. Nah, bisa saja pas kamu otw mesin diperbaiki, pas sampai udah oke.

Kedua, hindari transaksi di lokasi yang sepi. Memang bank sudah mempertimbangkan lokasi mana saja yang transaksinya cukup ramai. Beberapa atm harus ada transaksi selama 6 jam, istilah mereka biasanya no trx. Jadi, jika lebih 6 jam tidak ada transaksi maka umumnya mesin bisa error. Selain untuk keamanan anda, ini juga agar transaksi anda tidak ada problem lain-lain.

Ketiga, gunakan non tunai. Tidak semua atm digunakan untuk penarikan tunai. Ada atm khusus non tunai, gunakan atm ini jika tidak menarik uang. Misalnya: beli token listrik, bayar listrik, transfer, dan lain-lain. Selain lebih cepat, juga mengurangi antrian orang yang ingin mengambil uang.

Keempat, gunakan untuk menabung. ATM sekarang ada yang kita kenal dengan CDM atau cash deposite Machines alias mesin setor tunai. Gunakan ini untuk menabung terutama untuk denom 20, 50, dan 100. Lebih mudah, cepat, dan aman. Kita bisa mengurangi resiko salah setoran. Misalnya: kamu nabung di bank di mana tidak disiapkan slip setoran. Kamu hanya nyebut jumlahnya, dan teller yang ngitung dan ngebuatkan slip. Nah, pas kamu bilang 700 ribu, padahal uang 750 ribu. Tellernya gak jujur, dia bilang pas. Sampai parkir kamu hitung uangmu kurang. Kami gak bisa berbuat apa-apa. Kamu sudah diluar, klaim gak bisa dilakukan jika sudah meninggalkan teller.

Kelima, tulis pin mu di dompet jika perlu di atm. Kebaca kayanya ini konyol, tapi sebenarnya ini tips paling jitu jika atm mu hilang. Kenapa? Karena si pencuri akan ngambil atm mu, nah dia akan memasukan pin atm mu yang dia tahu melalui catatan mu. Tentu saja kamu nuliskan pin yang salah. Jadi makin cepat dia transaksi, makin cepat atm mu ke blokir. Makin cepat kamu tenang.

Keenam, manfaatkan fungsi internet banking, sms bangking, dan mobile banking. Ini penting juga untuk membackup aktivitas mu, jika gak ada atm kamu mau beli pulsa bisa lewat fitur ini. Jika atm mu hilang, kamu bisa memblokir atm mu. Kamu bisa kemana saja dengan tenang.

Ketujuh, manfaatkan kartu belanja. Maksudnya, sekarang ada kartu seperti atm yang bisa kita gunakan khusus untuk belanja seperti flazzz, etoll card, eparking, emoney. Pakai ini, jadi saat belanja kamu bisa melakukan pembatasan sesuai dengan kartu mu. Jadi kamu bisa melakukan minimal memasukan pin di edc dengan kartu debit mu yang bisa saja dicuri pandang.

Semoga bermanfaat ya. Salam hangat, terus ikuti perkembangan blog ini ya.­čśÇ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s